Image default
BERITA GALERY KEGIATAN

Implementasi P5 dengan Sub Tema Moderasi Beragama di MAN 1 Sumbawa Barat

Dokumentasi kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan Sub Tema Moderasi Beragama di MAN 1 Sumbawa Barat, Sabtu (14/10/2023)

Sumbawa Barat, Sabtu (14/10/2023) – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Sumbawa Barat telah sukses menjalankan program Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan sub tema “Moderasi Beragama” bagi siswa kelas 11. Program ini bertujuan untuk membekali generasi muda dengan pemahaman tentang toleransi dan moderasi dalam beragama, mengingat keragaman budaya, agama, dan suku bangsa yang ada di Indonesia.

Kegiatan P5 dengan sub tema “Moderasi Beragama” ini diawali dengan sambutan pembukaan oleh Lalu Muhamad Rijal, S.Si, yang merupakan fasilitator dan guru MAN 1 Sumbawa Barat. Selanjutnya, materi penting disampaikan oleh H. Muhammad Rusli, S.Ag, selaku narasumber. Dalam paparannya, beliau menjelaskan bahwa moderasi beragama berarti berada pada posisi tengah, tidak condong ke arah ekstrem kiri atau kanan. Moderasi beragama juga mencakup pengurangan kekerasan dan penghindaran dari tindakan ekstrem dalam beragama.

Setelah penyampaian materi oleh H. Muhammad Rusli, S.Ag, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang memberikan kesempatan kepada para peserta untuk bertanya dan berdiskusi. Selain itu, juga ada perkenalan terkait Forum Generasi Moderat (FGM) dan penjelasan mengenai program P5 kelas 11 ke depan. Acara ini ditutup dengan sambutan dari Nataza, ketua Forum Generasi Moderat (FGM) MAN 1 Sumbawa Barat.

Dalam rangkaian acara ini, peserta memahami bahwa moderasi beragama adalah sikap dan perilaku yang membawa seseorang ke posisi tengah, tanpa memihak kepada pihak mana pun dalam keyakinan agama, sambil tetap menghormati penganut agama lain tanpa harus setuju dengan keyakinan tersebut.

Implementasi P5 dengan sub tema “Moderasi Beragama” di MAN 1 Sumbawa Barat adalah langkah positif dalam membentuk generasi muda yang cerdas, berpengetahuan, dan menghargai perbedaan. Semoga pemahaman ini akan membantu menciptakan masyarakat yang lebih toleran dan damai di masa depan. Chantika/Eva/Andayani/Khalisha/Ega

Related posts

Menjelang Peringatan Hari Penegerian, MAN 1 Sumbawa Barat Memeriahkan Acara dengan Tema “Bhakti Wisata”

Nurul Fajariah

Hebat! Siswa MAN 1 Sumbawa Barat Kembali Raih Prestasi Tingkat Provinsi

Sapwal

Hari Penegerian MAN 1 Sumbawa Barat Berlangsung Spektakuler!

Sapwal

Leave a Comment

Madrasah Mandiri dan Berprestasi