Image default
BERITA GALERY KEGIATAN

MAN 1 Sumbawa Barat Bertransformasi dengan Boarding School, Menyongsong Karakter Unggul dan Mandiri

Kajian Kitab Kuning

10 Oktober 2023, Sumbawa Barat – Era baru pendidikan kembali diukir oleh Madrasah Aliyah Negeri 1 Sumbawa Barat dengan merancang program berbasis boarding school. Inisiatif ini bukan hanya sekadar meningkatkan mutu pendidikan, melainkan membentuk karakter siswa menjadi lebih unggul dan mandiri. Meskipun awalnya diikuti oleh 30 siswa/i, hanya 25 siswa/i yang mempertahankan komitmennya hingga akhir, dalam rentang kegiatan yang berlangsung dari tanggal 4 hingga 10 Oktober.

Abdul Aziz S.Ag, Kepala Madrasah, mengawali kegiatan boarding school dengan penuh semangat, “Harapannya, semoga kalian menjadi tekun dalam menjalani kegiatan ini. Narasumber kami, seperti Ustad Mufti dan Ustad Manan, telah membuktikan keahlian mereka dalam mengkaji kitab kuning. Tak hanya itu, hadir pula Ustad Ali H. Hamid dan H. Ahmad Rusli, ahli dari luar yang kami undang untuk memperkenalkan ilmu agama dari kitab kuning, semuanya didukung oleh pembina-pembina berkompeten dari internal madrasah.”

Dalam program Boarding School kali ini, siswa/i tidak sekadar terlibat dalam kegiatan pembelajaran biasa (KBM), tetapi juga menggali pelajaran tambahan seperti nahwu/shorf. Kegiatan tak terbatas pada jam KBM saja, melainkan mencakup kajian malam dan eksplorasi kitab kuning setelah sholat magrib. Semua materi disampaikan secara intensif oleh guru pembimbing dari dalam dan luar madrasah.

Tujuan utama pelaksanaan boarding school tidak hanya untuk memfasilitasi siswa/i yang tidak dapat merasakan suasana pesantren. Lebih dari itu, boarding school menjadi wahana pendalaman ilmu agama, memperdalam Al-Quran, serta melatih kemandirian dan meningkatkan disiplin, terutama dalam melaksanakan sholat.

“Dengan pelaksanaan kegiatan boarding school, kami berharap siswa/i dapat mendalami kitab kuning, memperkaya diri dalam bahasa Arab dan Inggris, dan tentu saja, mendukung bersama upaya kita mendapatkan gedung asrama yang akan menjadi basis pengembangan Madrasah Aliyah Keagamaan (MAK),” ujar Kepala Madrasah, menggambarkan optimisme.

Langkah inovatif ini menjadi bagian dari upaya madrasah untuk menciptakan lingkungan belajar yang tak hanya akademis, tetapi juga holistik. Fokus pada pembentukan karakter unggul dan kemandirian siswa menjadi inti dari program ini. Harapannya, melalui Boarding School, siswa dapat melangkah lebih mantap menghadapi tantangan pendidikan dan menjalani kehidupan yang lebih luas. (Gina/Belva/Helma/Naura/Dewi)

Related posts

Penarikan Nomor Urut Pasangan Calon Ketua dan Wakil Ketua OSIM MAN 1 Sumbawa Barat

Al-Mufqi Qiyamul Haq

Aksi Solidaritas Guru dan Siswa MAN 1 Sumbawa Barat untuk Dukung Akbar Sorasa dalam Kasus Hukum

Naura Mufliha

Ajang Kompetisi Bergengsi! MAN 1 Sumbawa Barat Jadi Tuan Rumah Women’s Basketball Event 2023

Al-Mufqi Qiyamul Haq

Leave a Comment

Madrasah Mandiri dan Berprestasi