BERITA GALERY KEGIATAN

MAN 1 Sumbawa Barat Memperkenalkan Materi Demokrasi dalam Program P5

Ice Breaking Materi Demokrasi

Sumbawa Barat, Sabtu (14/10/2023) – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Sumbawa Barat terus memperkaya program Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan mengenalkan materi baru tentang demokrasi kepada siswa kelas 10. Ini adalah langkah yang penting untuk mendidik generasi muda tentang prinsip-prinsip demokrasi, pemilihan umum, dan peran mereka dalam proses demokratis.

Kegiatan ini dipandu oleh Mujiburrahman, S.Pd, dan dibuka oleh Baharuddin, S.Pd, selaku wakamad kurikulum MAN 1 Sumbawa Barat yang mewakili kepala madrasah yang saat itu tidak dapat hadir.

Menurut Baharuddin, materi P5 yang kedua ini fokus pada demokrasi dalam pemilihan umum, mulai dari pemilihan presiden hingga kepala desa dan OSIM (Organisasi Siswa Intra Madrasah).

Kepala Madrasah, Abdul Azis, S.Ag, menyampaikan salamnya, namun ia tidak dapat hadir dalam acara ini karena memiliki kegiatan lain. Ia menekankan bahwa proyek P5 ini adalah suatu kewajiban yang harus diikuti oleh siswa-siswa MAN 1 Sumbawa Barat dan hasil dari kegiatan ini akan dicetak menjadi raport.

Pemaparan materi dilakukan oleh Deni Wan Putra, yang merupakan pemateri P5 dari Kantor KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kabupaten Sumbawa Barat, dan bertanggung jawab atas divisi hukum dan pengawasan.

Materi yang disampaikan mencakup pemahaman tentang demokrasi, batasan usia untuk berpartisipasi dalam pemilu, hak pemilihan, serta larangan dan aturan kampanye selama pemilu berlangsung. Selain itu, juga dibahas tentang penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Setelah penyampaian materi, acara dilanjutkan dengan sesi foto bersama siswa-siswi MAN 1 Sumbawa Barat yang mengikuti kegiatan P5 ini. Acara ditutup dengan salam penutup yang penuh semangat.

Inisiatif MAN 1 Sumbawa Barat untuk mengenalkan materi demokrasi dalam program P5 merupakan langkah yang baik dalam mempersiapkan generasi muda untuk menjadi warga negara yang berpengetahuan, aktif, dan bertanggung jawab dalam proses demokratis di Indonesia. Semoga pemahaman ini akan membantu siswa-siswi MAN 1 Sumbawa Barat menjadi pemilih yang cerdas dan partisipatif di masa depan. Chantica/Eva/Ega/Andayani/Khalisha

Related posts

MAN 01 Sumbawa Barat Bersatu untuk Palestina: Sholat Ghaib dan Penggalangan Dana

Al-Mufqi Qiyamul Haq

JUARA LAGI, PIDATO BAHASA ARAB TERBAIK TINGKAT PROVINSI NTB

Sapwal

Ajang Kompetisi Bergengsi! MAN 1 Sumbawa Barat Jadi Tuan Rumah Women’s Basketball Event 2023

Al-Mufqi Qiyamul Haq

Leave a Comment

Madrasah Mandiri dan Berprestasi