BERITA GALERY KEGIATAN

Peringatan Hari Penegerian MAN 1 Sumbawa Barat ke-15: Kegiatan yang Wajib Ditiru

Sumbawa Barat, 06 Maret 2024 – Penanaman pohon di kawasan Wisata Taman Lebo Taliwang kini sukses dilaksanakan. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka Peringatan Penegerian Madrasah Aliyah Negeri 1 Sumbawa Barat ke-15 yang dihadiri langsung oleh Bupati Kabupaten Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W. Musyafirin, MM, Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Barat Kaharuddin Umar, Dandim 1628 Kabupaten Sumbawa Barat Letkol Infantri Oktavian Englana, Ketua TP. PKK Kabupaten Sumbawa Barat H. Hanipa Musyafirin, S. PT., M. MInov, Plt. Kepala Kantor Kemenag KSB, H. Lalu Suhaili Fathanah, dan jajaran pegawai Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa Barat. Setelah melalui berbagai rangkaian menjelang Hari Penegerian Madrasah (HPM), kini para siswa dan seluruh tamu undangan berkumpul di Wisata Lebo (06/03/24).

“Pada momentum ini, kita harus bisa mengambil makna sebagai perintis yang berjuang. Perkembangan MAN 1 Sumbawa Barat sudah luar biasa, kalau pohon ini bisa dijaga dan hidup. Ini bisa menjadi warisan dari kita untuk anak-anak di masa depan,” tungkas Dr. Ir. H. W. Musyafirin., MM pada sambutannya.

Kepala sekolah MAN 1 Sumbawa Barat, Abdul Azis, S.Ag juga menjelaskan tentang perbedaan yang dilakukan pada Peringatan Penegerian Madrasah tahun ini. Beliau membuat kegiatan ini untuk mengajak siswa-siswi dan masyarakat untuk peduli pada lingkungan, tepatnya di tempat wisata Lebo ini. Diharapkan siswa dapat menjaga pohon yang telah ditanam dengan cara membuat laporan atas perkembangan pohon yang telah ditanam. Hal ini dilakukan agar tanaman di Lebo dapat terpantau dengan baik. Kegiatan ini pun nantinya akan menjadi cerita saat pohon tumbuh dan ini merupakan salah satu bagian dari ibadah. Selain itu, diharapkan juga kegiatan ini dapat dicontoh oleh madrasah lainnya untuk melakukan kebaikan.

Plt. Kepala Kantor Kemenag KSB, H. Lalu Suhaili Fathanah memberikan pandangannya, “Peringatan Penegerian MAN 1 Sumbawa Barat kali ini sangat luar biasa, karena ini kegiatan yang sangat penting dengan bisa memberikan edukasi tentang lingkungan. Kami mohon ini diberikan contoh dan informasi kepada madrasah-madrasah lainnya.”

Setelah Bupati KSB, Dr. Ir. H. W. Musyafirin, MM membuka acara Peringatan Penegerian MAN 1 Sumbawa Barat dengan pemotongan tumpeng dan penerbangan balon. Para siswa siap menuju lubang yang telah dibuat kemarin di Lebo untuk menanam bibit pohon dan membersihkan area Lebo setelah sarapan bersama.

Pemotongan Tumpeng

Selain para siswa, Dr. Ir. H. W. Musyafirin, MM juga tidak kalah semangat untuk mewarisi pohon di sekitar area Lebo. Dandim 1628 Kabupaten Sumbawa Barat dengan sigap ikut mengisi lubang kosong dengan bibit-bibit pohon yang telah disediakan bersama para siswa dan guru-guru MAN 1 Sumbawa Barat.

Acara berlangsung dengan sukses dan penuh semangat. Sisanya tinggal merawat pohon agar mampu berkembang dengan baik. Seperti yang diharapkan, semoga kegiatan seperti ini bisa ditiru karena manfaat yang akan dirasakan banyak sekali. Apalagi pohon dapat dijadikan warisan untuk bumi dan manusia dalam jangka waktu yang lama. Semoga MAN 1 Sumbawa Barat semakin jaya dan menjadi contoh yang baik dari tahun ke tahun.

Related posts

MAN 1 Sumbawa Barat Bertransformasi dengan Boarding School, Menyongsong Karakter Unggul dan Mandiri

Al-Mufqi Qiyamul Haq

Madrasah Sehat bersama MAN 1 Sumbawa Barat: Sarapan Bersama

Nurul Fajariah

Hebat, Pemilihan OSIM Libatkan KPU dan Bawaslu

Al-Mufqi Qiyamul Haq

Leave a Comment

Madrasah Mandiri dan Berprestasi