BERITA GALERY KEGIATAN

Tarhib Ramadhan 1445 H bersama Tamu Spesial: Kado Harla untuk MAN 1 Sumbawa Barat

Sumbawa Barat, 08 Maret 2024 – Kegiatan IMTAQ yang rutin diikuti pada hari Jumat setiap pagi di Masjid An-Nur MAN 1 Sumbawa Barat oleh seluruh siswa kali ini menjadi kegiatan yang cukup berbeda. Selain karena bulan suci Ramadhan sebentar lagi akan datang, tamu spesial yakni KH. Abdurrahman (Qori Internasional asal Lombok Timur) dan Dr. Nurlailah Hasyim, M.Pd (Finalis Lomba Dai/Daiyah di MNCTV) hadir menyapa warga MAN 1 Sumbawa Barat. Abdul Azis, S.Ag selaku Kepala Madrasah mengatakan bahwa kedatangan tamu spesial ini seperti kado Hari Penegerian Madrasah (HPM) MAN 1 Sumbawa Barat yang beberapa hari sukses dilaksanakan.

Pada rangkaian IMTAQ, seperti biasa para siswa akan membaca surah pilihan, pembukaan, surah pendek, ceramah, dan penutup. Namun kali ini, akan ada pembagian hadiah untuk pemenang lomba HPM, pembacaan Al-Quran oleh KH. Abdurrahman, kemudian dilanjutkan dengan kalam ilahi dari Dr. Nurlailah Hasyim, M.Pd.

Pembagian hadiah yang dilakukan pada hari ini (08/03/24) berlangsung suka cita, beberapa siswa sorak sorai mendengar kelas mereka yang terpilih sebagai pemenang. Untuk cabang lomba baca puisi, juara 1 diraih oleh kelas XII MIPA, juara 2 kelas X C dan juara 3 oleh kelas XII Agama. Kemudian pada cabang lomba cipta puisi, juara 1 oleh kelas X B, juara 2 XI A, dan juara 3 diraih kelas X C. Cabang lomba kebersihan kelas, juara 1 kelas XI B, juara 2 kelas XI C, dan juara 3 kelas XI A.

Juara Lomba Cipta Puisi
Juara Lomba Kebersihan Kelas
Juara Lomba Baca Puisi

Acara selanjutnya diambil alih oleh suara merdu milik ustadz KH. Abdurrahman, saat melantunkan ayat suci al-Quran yang bergema di Masjid An-Nur MAN 1 Sumbawa Barat.

Kemudian, ustadzah Dr. Nurlailah Hasyim, M.Pd membuka kalam ilahi dengan bahasa yang berbeda-beda. Ada bahasa Melayu, Inggris, Mandarin, Turki, Jawa, dan bahasa lainnya. “Kita sebagai generasi muda harus bisa banyak menguasai bahasa-bahasa,” tegas ustadzah Nurlailah kepada para siswa.

Beliau juga menyampaikan banyak hal tentang kebaikan berbagi, seperti guru yang senantiasa membagikan ilmunya kepada siswa dan orang lain. Seperti yang dijelaskan beliau, bahwa orang yang tidak bosan dalam mengajar kebaikan menjadi salah satu orang yang akan didoakan oleh Malaikat.

Ustadzah Nurlailah juga memberikan tips menjadi orang sukses kepada siswa MAN 1 Sumbawa Barat melalui pengalaman hidupnya. Beliau menjelaskan, “pertama, sangat konsisten memaksa diri untuk disiplin. Kedua, jangan pelit untuk mendoakan guru-gurumu. Ketiga, selalu meletakkan orang tua di atas ubun-ubun saat kamu lelah belajar.”

Melalui Tarhib Ramadhan yang dibagikan oleh KH. Abdurrahman dan Dr. Nurlailah Hasyim, M.Pd, diharapkan para siswa MAN 1 Sumbawa Barat terpacu untuk terus berbuat kebaikan dan mengejar mimpi dengan berusaha dan berdoa.

“Semoga MAN 1 Sumbawa Barat bisa menjadi mercusuar NTB di masa depan,” tutup ustadzah Nurlailah mengakhiri kalam ilahinya pada kesempatan berharga ini.

Related posts

MAN 1 Sumbawa Barat Tuan Rumah Bola Basket Putri Tingkat Provinsi

Al-Mufqi Qiyamul Haq

Sukses Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIM MAN 01 Sumbawa Barat sebagai Manifestasi Demokrasi

Al-Mufqi Qiyamul Haq

PELEPASAN SISWA KELAS XII MAN 1 SUMBAWA BARAT BERLANGSUNG KHIDMAT

Sapwal

Leave a Comment

Madrasah Mandiri dan Berprestasi