Image default
BERITA GALERY KEGIATAN

Gelar Pelatihan Jurnalistik, MAN Sumbawa Barat Gandeng PWI

Pembukaan Pelatihan Jurnalistik bersama Wartawan Lombok Post

 

MADRASAH MEDIA CENTER—Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Sumbawa Barat menggelar kegiatan pelatihan jurnalistik dasar. Kegiatan yang berlangsung Rabu, (20/9/2023) itu melibatkan perwakilan PWI Sumbawa Barat dan dibuka langsung Abdul Azis, S.Ag, selaku Kepala Madrasah.

‘’Kegiatannya berlangsung dua hari. Dimulai Rabu 20 September dan rencananya akan ditutup pada Kamis 21 September 2023. Peserta yang terlibat sekitar 30 orang,’’ jelasnya.

Najwa & Abdul Faruk (Wartawan Lombok Post)

Pejabat murah senyum ini berharap peserta mengikuti kegiatan tersebut dengan baik. Dasar-dasar jurnalistik yang diperoleh dari narasumber akan menjadi modal berharga untuk mengembangkan website internal Madrasah. ‘’Tujuannya nanti peserta mampu mengelolah website MMC dengan baik dan profesional, sesuai kaidah jurnalistik,’’ tambahnya.

Sekedar diketahui, peserta yang terlibat dalam kegiatan ini berjumlah 30 orang. Mereka berasal dari pengurus Majalah Dinding (Mading) dan Madrasah Media Center (MMC) MAN Sumbawa Barat.

Proses Pembuatan Berita

Sementara itu, Abdul Faruk, Sekretaris PWI Sumbawa Barat memaparkan beberapa materi dasar jurnalistik. Mulai dari pengertian jurnalistik, menentukan atau menggali ide berita, penulisan dan proses editing sebuah berita. ‘’Menjadi wartawan diperlukan skill dan keahlian tertentu. Paling utama, dalam menjalankan tugasnya, wartawan harus menjunjung tinggi  Kode Etik Jurnalistik,’’ tegasnya.

Pria yang sehari-hari berprofesi sebagai wartawan Lombok Post ini berharap, pelatihan ini ke depan akan melahirkan jurnalis/wartawan hebat dari Kabupaten Sumbawa Barat. ‘’Mudah-mudahan nanti akan banyak lahir jurnalis handal dari bumi Pariri Lema Bariri,’’ harapnya.

Ia menambahkan, berita yang akan diterbitkan  harus melewati beberapa tahap atau editing. Tahapan ini diperlukan untuk menghasilkan output atau produk jurnalistik yang berkualitas. ‘’Agar nanti masyarakat mendapatkan informasi yang tidak sembarang dan dapat dipertanggungjawabkan,’’ tutupnya. (Safir/Nabil/Andre/Sayyidul/Gusron)

Related posts

JUARA LAGI, PIDATO BAHASA ARAB TERBAIK TINGKAT PROVINSI NTB

Sapwal

Sukses Gemilang “Festival Lagu Kebangsaan” MAN 1 Sumbawa Barat: Juara Kelas dan Penyanyi Solo Tampil Memukau

Al-Mufqi Qiyamul Haq

SOSIALISASI DARI BALAI BAHASA NTB TERKAIT UKBI DAN PENGEMBANGAN LITERASI MADRASAH

Nurul Fajariah

Leave a Comment

Madrasah Mandiri dan Berprestasi