Image default
BERITA GALERY KEGIATAN

30 Pelajar MAN 1 Sumbawa Barat Ikut Pelatihan Jurnalistik

Kepala MAN 1 Sumbawa Barat, Abdul Azis, S.Ag saat membuka kegiatan pelatihan jurnalistik, Rabu (20/9/2023). Kegiatan ini diikuti sebanyak 30 orang peserta.

 

MMC – Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Sumbawa Barat, Abdul Azis, S.Ag membuka kegiatan pelatihan jurnalistik. Kegiatan yang dilaksanakan sejak Rabu 20 September 2023 itu, rencananya akan ditutup Kamis 21 September 2023. ‘’Peserta yang terlibat dalam kegiatan ini sekitar 30 orang. Mereka merupakan perwakilan dari beberapa organisasi seperti intra madrasah, mading dan MMC,’’ jelas  Kepala MAN 1 Sumbawa Barat, Abdul Azis, S.Ag saat memberikan sambutan resminya, Rabu (20/9/2023).

Pelatihan yang berlangsung di ruang laboratorium lantai dua madrasah itu mengusung beberapa materi dasar dan utama tentang jurnalistik. Mulai dari Undang-Undang Pers, kode etik hingga berbagai tahapan dan proses yang harus dilakukan wartawan untuk membuat sebuah berita.

Sebelumnya, kegiatan ini diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang dilantunkan Muhammad Iksan Zuhrizal. Saat pembukaan, Kepala MAN 1 Sumbawa Barat menjelaskan madrasah saat ini memiliki sebuat platform digital yakni Madrasah Media Center (MMC) yang dibentuk pada tahun 2022 lalu. Akan tetapi platfrom ini belum berjalan maksimal karena kurangnya karya atau tulisan terpublis.

‘’Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan  kemampuan dan keterampilan siswa siswi  MAN 1 Sumbawa Barat dalam menulis dan menyajikan sebuah berita,’’ harapnya.

Proses Pelatihan Membuat Berita

Sekretaris PWI Sumbawa Barat, Abdul Faruk selaku pemateri memaparkan tentang dasar-dasar jurnalistik. Seperti pengertian jurnalistik, kode etik, kualifikasi jurnalistik, penyuntingan berita, jenis-jenis media dan lain sebagainya. Selain teori, para peserta juga mendapat praktek langsung tentang menyusun sebuah berita layak dikonsumsi publik.

Sementara itu, Chantica Mael Sandi, salah satu peserta yang ikut dalam pelatihan jurnalistik mengakui, pelatihan ini bertujuan meningkatkan minat dan keterampilan siswa MAN 1 Sumbawa Barat untuk menulis dan menyajikan sebuah berita/informasi yang dapat dipertanggungjawabkan. Demikian pula prosesnya, melalui tahapan-tahapan selayaknya berita pada umumnya.

‘’Ini dapat meningkat semangat kami belajar jurnalistik. Terutama keterampilan dan keahlian dalam membuat sebuah karya tulis,’’ kata Chantica, sapaan akrab siswi kelas XII ini.

Kedepan, pelatihan jurnalistik seperti ini diupayakan digelar secara berkala untuk menunjang generasi yang unggul dan berdaya saing. ‘’Kita harap kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun,’’ tambahnya. (eva/chantica/ega/khalisha/andayani)

Related posts

MTQ SUMBAWA BARAT 2021 AJANG UNJUK KEMAMPUAN 125 SISWA MAN 1 SUMBAWA BARAT

Sapwal

SOSIALISASI DARI BALAI BAHASA NTB TERKAIT UKBI DAN PENGEMBANGAN LITERASI MADRASAH

Nurul Fajariah

Hebat! Siswa MAN 1 Sumbawa Barat Kembali Raih Prestasi Tingkat Provinsi

Sapwal

2 comments

wwd.com 26 September 2023 at 11:29 pm

You’ve made some decent points there. I checked on the internet to find out more about the issue
and found most people will go along with your views on this web site.

Reply
Al-Mufqi Qiyamul Haq 2 Oktober 2023 at 7:42 am

Thanks

Reply

Leave a Comment

Madrasah Mandiri dan Berprestasi