BERITA KEGIATAN

SOSIALISASI DARI BALAI BAHASA NTB TERKAIT UKBI DAN PENGEMBANGAN LITERASI MADRASAH

Sumbawa Barat, 25 April 2024 – Madrasah Aliyah Negeri 1 Sumbawa Barat telah kedatangan tim sosialisasi langsung dari Balai Bahasa Provinsi NTB (25/04/24) dengan tujuan akan mengadakan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) Adaptif kepada seluruh kelas X dan XI MAN 1 Sumbawa Barat.

Adapun UKBI Adaptif ini akan dilaksanakan pada hari Jumat, 26 April 2024 di Madrasah dengan menggunakan gawai milik masing-masing siswa. Sebelum itu, Pak Hartanto selaku perwakilan dari Kantor Bahasa NTB membimbing langsung dalam proses pembuatan akun, pendaftaran masing-masing siswa, dan juga bagaimana cara pengerjaannya. Selain itu, beliau juga membagikan beberapa motivasi berdasarkan dari pengalamannya. 

“Sosialisasi seperti ini sangat membantu karena sertifikat dari tes ini bisa membantu kami mendaftar beasiswa nantinya. Dan saya pribadi merasa termotivasi dengan Pak Hartanto selaku mentor tadi. Beliau menceritakan beberapa hal seperti bagaimana perjuangan beliau selama ini berjuang, dari merantau selama 20 tahun sampai dilupakan oleh orang tua hanya karena menuntut ilmu dan menggapai kesuksesan. Selain itu, ini juga pengalaman pertama kami ada uji kemahiran berbahasa seperti ini. Karena ternyata banyak sekali kesalahan dalam tata bahasa kami saat ini,” ucap Febrian selaku siswa yang juga mengikuti sosialisasi tadi. 

Tidak hanya itu, Pak Hartanto juga tidak melewati kesempatan untuk memberikan banyak informasi dan motivasi kepada para guru MAN 1 Sumbawa Barat. Beliau menyampaikan bahwasanya literasi para siswa harus terus ditingkatkan dan didorong dengan berbagai cara yang menarik siswa. 

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendorong literasi siswa, tetapi para siswa merasa bosan dengan bacaan-bacaan yang berat dan sulit. Sehingga, butuh sesuatu yang bisa menarik minat siswa itu sendiri dalam membaca. 

“Misalnya membuat program yang berisikan perpustakaan kelas yang tidak hanya berisikan buku pelajaran, tetapi juga tersusun rapi buku-buku yang mengandung cerita-cerita motivasi dan sebagainya. Dan buku-buku yang ada dalam kelas bisa saling ditukarkan kepada kelas lainnya sehingga para siswa tetap kaya akan bacaan. Selain itu, adakan lomba resensi buku atau menuliskan kata-kata motivasi yang berasal dari buku yang dapat direfleksikan dalam kehidupan sehari-hari,” tutur Pak Hartanto menyampaikan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mendorong minat baca/literasi siswa. 

Banyak sekali cerita yang mengandung informasi lainnya yang sudah disampaikan oleh Pak Hartanto yang dapat memotivasi para guru, khususnya terkait kebahasaan Indonesia dan literasi. “Berkah untuk kita semua dan khususnya kepada keluarga besar MAN 1 Sumbawa Barat,” akhir kata dari Abd. Azis, S. Ag selaku Kepala Madrasah menutup pertemuan. 

Related posts

MAN 1 Sumbawa Barat Bertransformasi dengan Boarding School, Menyongsong Karakter Unggul dan Mandiri

Al-Mufqi Qiyamul Haq

Gelar Pelatihan Jurnalistik, MAN Sumbawa Barat Gandeng PWI

Al-Mufqi Qiyamul Haq

MAN 1 Sumbawa Barat Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Launching Program Boarding School

Sapwal

Leave a Comment

Madrasah Mandiri dan Berprestasi