BERITA GALERY KEGIATAN

Puncak Gema Ramadhan MAN 1 SUMBAWA BARAT

MADRASAH MEDIA CENTER (MMC)-  Memeriahkan kegiatan Gema Ramadhan, MAN 1 SUMBAWA BARAT mengadakan kegiatan Pesantren Ramadhan yang merupakan kegiatan rutin tahunan, kegiatan ini dilakukan mulai hari Sabtu, 30 Maret- Senin, 1 April 2024/ 19-21 Ramadhan 1445, berlangsung dilapangan basket dan masjid An-Nur MAN 1 SUMBAWA BARAT.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Raifallah, S.Kom selaku Waka kesiswaan dan ketua panitia kegiatan Pesantren Ramadhan, beliau sekaligus membacaan susunan acara kegiatan tersebut ;

  • Tadarus Al Qur’an
  • Kultum dari siswa Safari ramadhan
  • Berbuka puasa
  • Sholat Maghrib 
  • Santap makanan
  • Sholat Isya dan Tarawih 
  • Penutup

Dalam kegiatan ini, kondisi cuaca pada saat itu sempat tidak mendukung tapi kegiatan tetap berlangsung, pemindahan lokasi dari awalnya dilapangan basket menuju ke masjid menjadi jalan kuncinya.

Puncak dari kegiatan tersebut berlangsung di hari Senin, 1 April 2024, yang diikuti oleh seluruh siswa MAN 1 SUMBAWA BARAT, Guru-guru, Pegawai TU, serta tamu undangan dari Pegawai Kementerian Agama. Diawali dengan tadarus Al Qur’an dan dilanjutkan dengan sambutan dari Abdul Aziz, S.Ag selaku Kepala Madrasah MAN 1 SUMBAWA BARAT, beliau menerangkan kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan dari madrasah dan harapannya dapat membentuk kepribadian, penanaman nilai-nilai religi dan memberikan kesadaran bahwa ibadah merupakan kebutuhan bagi setiap Muslim. Dilanjutkan dengan susunan acara yang ada, Dr. Abu Bakar guru Al Qur’an hadits mendapatkan jadwal sebagai imam pada kesempatan saat itu.

Tambahan kultum setelah teraweh oleh Abdul Aziz S.Ag dengan mengingatkan kepada kita bahwa, “kita harus bersyukur atas nikmat-nikmat yang telah diberikan Allah kepada kita, karena ditanyakan didalam Al Qur’an, nikmat tuhan mana yang kau dustakan sebanyak 31 kalinya sehingga kita harus sadar dan perbanyak rasa syukur atas kenikmatan yang diberikan Allah di dalam hidup ini.”

Ada beberapa pandangan oleh peserta mengenai kegiatan ini saat diwawancarai tim MMC, 1 April 2024 yakni;

“Ini merupakan sesuatu hal yang menarik dibulan ramadhan kali ini, karena kegiatan ini jarang-jarang dapat terjadi. Oleh sebab itu, dari pada gabut melakukan kegiatan yang tidak bermanfaat, dari kegiatan ini kita bisa membentuk silaturahim dan menguatkan keimanan kita,” pandangan Fatir Latif selaku ketua Osim MAN 1 SUMBAWA BARAT.

“Ini merupakan moment yang berkesan bagi kami yang kelas 12 dalam melaksanakan Ramadhan bersama guru-guru dan adik kelas kami yang terakhir sehingga benar-benar berkesan untuk kami,” pandangan Huzaip siswa kelasi XII Agama.

Diakhiri dengan laporan dari Budi Syarkoni, S.Ag selaku panitia zakat dan wakaf Al Qur’an. “Total perolehan zakat dan wakaf Al Qur’an madrasah dengan jumlah hampir setengah ton untuk zakat dan wakaf telah dijadikan 72 Al Qur’an yang langsung dibagikan ke masjid-masjid dan di harapkan dari sumbangan Al Qur’an tersebut dapat bermanfaat bagi pembacanya,” ucap beliau.

/Febrian.

Related posts

Lomba Pembuatan Male MAN 1 Sumbawa Barat: Pererat Jiwa Sportifitas

Al-Mufqi Qiyamul Haq

MAN 1 Sumbawa Barat Memperkenalkan Materi Demokrasi dalam Program P5

Al-Mufqi Qiyamul Haq

MAN 1 Sumbawa Barat Budayakan 3S di Lingkungan Madrasah

Al-Mufqi Qiyamul Haq

Leave a Comment

Madrasah Mandiri dan Berprestasi