Image default
BERITA GALERY KEGIATAN

Maulid Nabi Tidak Memiliki Hukumnya, Tetapi Mengandung Makna Mendalam

H. Rusli, S. Ag (KASI Haji Kemenag KSB)

Sumbawa Barat (MMC) – Dalam sebuah ceramah di kegiatan Maulid Nabi yang diadakan di MAN 1 Sumbawa Barat pada Jumat, 29 September 2023, Pak H. Rusli S.Ag menyatakan, “Maulid Nabi itu tidak memiliki hukumnya,” dengan alasan bahwa maulid merupakan perayaan waktu kelahiran, dan waktu kelahiran tidak memiliki aturan hukum.

Meskipun demikian, beliau menekankan bahwa melalui perayaan Maulid Nabi, kita diharapkan tetap ingat akan Rasulullah saw dan dapat mengambil keteladanan dari ajaran-ajaran beliau. Tema yang diangkat dalam kegiatan tersebut adalah “Aktualisasi Keteladanan Nabi Muhammad Dalam Kehidupan Sehari-hari.”

Lantas, bagaimana kita dapat membuktikan cinta kita kepada Rasulullah melalui acara ini? Pak H. Rusli S.Ag menambahkan:

Bukti cinta kita melalui acara ini antara lain:

  1. Perbanyak Sholawat kepada Rasulullah: Bertanya, “Apakah kita terlalu sombong untuk tidak bersholawat kepada Rasulullah, padahal Allah dan malaikat-malaikat bersholawat atasnya?”
  2. Peliharakan Sunnah Rasulullah: Mengutip sabda Rasulullah, “Aku tinggalkan dua prakarsa, jika kalian berpegang teguh padanya, kalian tidak akan tersesat selamanya, yaitu kitabullah dan Sunnah Rasul.”
  3. Ikut Akhlak Rasulullah Saw: Mengambil teladan dari akhlak Rasulullah yang terbaik, seperti sifat Sidik, Amanah, Fatonah, dan Tablig, yang seharusnya diikuti dan diamalkan.

Acara yang berlangsung selama sekitar 2 jam ini dihadiri oleh perwakilan dari Kementerian Agama, sejumlah perwakilan pemerintahan, seluruh masyarakat MAN 1 Sumbawa Barat, dan tidak lupa, sambutan dari Kepala MAN 1 Sumbawa Barat.

Abd. Azis, S. Ag (Kepala MAN 1 Sumbawa Barat)

“Melalui acara ini, kita berharap dapat merenungkan ajaran-ajaran Rasulullah yang luar biasa, dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari,” kata Kepala MAN 1 Sumbawa Barat. “Semoga kita semua dapat meraih berkah dan hidayah dari peringatan Maulid Nabi ini.”

Semoga ilmu yang disampaikan oleh penceramah dapat diikuti dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, karena, seperti yang beliau sampaikan, “seseorang akan dikumpulkan bersama yang mereka cintai” (H.R. Bukhari dan Muslim). Semoga kita termasuk umat yang mencintai Rasulullah dan berkumpul bersamanya di akhirat kelak. Febrian/Ilmy/Lisa/Habil/Arjunah

Related posts

Tarhib Ramadhan 1445 H bersama Tamu Spesial: Kado Harla untuk MAN 1 Sumbawa Barat

Nurul Fajariah

Menjelang Peringatan Hari Penegerian, MAN 1 Sumbawa Barat Memeriahkan Acara dengan Tema “Bhakti Wisata”

Nurul Fajariah

Sosialisasi Pemilu 2024 untuk Pemilih Pemula di MAN 1 Sumbawa Barat

Naura Mufliha

Leave a Comment

Madrasah Mandiri dan Berprestasi